Search

Jumat, 07 Januari 2011

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Kipas angin adalah sebuah alat listrik yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, khususnya bagi daerah yang tropis seprti kebanyakan daerah di Indonesia. Nah sekarang saya akan memberitahu para pemilik kipas angin bagaimana cara mereparasi dengan mudah. Kerusakan umum pada kipas angin antara lain:


1. Kipas angin tidak mau nyala sama sekali (no electric current

    Untuk keursakan ini biasa disebabkan oleh thermal fuse, fungsi dari fuse ini adalah melindungi dari kelebihan arus (+ 2A) akibat hubung singkat pada lilitan serta dari kelebihan panas (+ 135 C) yang timbul akibat terlalu lama beroperasi. Ganti atau hubung langsung tanpa sekring, dijamin kipas angin bisa berputar lagi.
Gambar lilitan beserta thermal fuse


2. Kipas angin tidak mau berputar tapi mengeluarkan bunyi dengung
    Untuk kerusakan ini disebabkan beberapa alasan, pertama yaitu rotor kipas yang tidak lancar karena bearing aus, lumasi dan jika masih belum bisa ganti dengan bearing yang baru. Kedua diakibatkan lemah atau matinya kapasitor pemutar kumparan starter, ganti aja langsung, murah kok.

Gambar bearing dan Kapsitor
3.Kipas Angin berputar pelan
    Pergerakan kipas angin yang pelan biasa disebabkan oleh perbedaan fasa antara kumparan utama dan starter (sok teknik coy, hehehe), komponen yang membuat perbedaan fasa adalah kapasitor, jadi ganti aja kapasitor dengan yang baru.

selesai deh, selamat tinggal panas-panasan.
jika ada pertanyaan jangan sungkan





103 komentar:

  1. kLo thermaL fuse d hubung Lngsung tanpa sekering efek jangka panjangnx apa??...

    BalasHapus
  2. Efek Jangka panjangnya adalah kalo kipas angin terlalu lama beroperasi, maka panas yang ditimbulkan tambah banyak, dan hal ini dapat merusak lilitan (terbakar), saran saya ganti aja harganya cuma Rp2000.

    BalasHapus
  3. terima kasih gan.,, drumah kipasku jalanya ga kenceng.... berarti capacitornya ya... ku coba dulu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan itu harus di lem biru ( di lempar beli baru he.....)

      Hapus
  4. Gan lumasi bearing ada efek gx???harga bearing brp kira2?

    BalasHapus
  5. untuk bearing memang harus di lumasi, untuk penggantian harganya 5000 per pcs

    BalasHapus
  6. Bro kipas angin dtempatku mulanya berputar pelan sekali, terus sekarang tidak mau berputar lagi. Apakah kapasitornya kalo diganti bisa normal. maksasi bro

    BalasHapus
  7. kalau terbakar spul bs ganti ga? atau tlong di bagi cra menyepul yg benar. thanks!

    BalasHapus
  8. maaf saya mau bertanya..saya punya kipas angin gantung dan mau menghidupkannya dgn remote control, dan bisa berputar,tapi tidak bisa pelan (kencang) terus,spart part apa yg harus saya ganti ya,terima kasih

    BalasHapus
  9. @ANONIM1:kalo masalah pelan biasanya capsitor, kemungkinan ke 2 as kipas macet karena kurang pelumas dan yg terakhir spul kipas tsb dah lemah.
    @Anonim2: spul terbakar bisa diganti, dengan cara membeli spulnya lengkap dengan rotor (tingga pasang), atau spulnya saja. untuk harga spul berkisar 45-75 rb, lbih bawa cotoh. jika kita mau menggulung bisa saja yang penting rapi dan sesuai dengan hitungan. Namun menurut saya lebih beik beli spul jadi lebih cepat dan lebih murah.
    @mas Gunawan: kipas gantung biasanya dilengkapi dengan selektor kecepatan namun hanya manual (no remote), bisa kita pakai remot dengan mengatur pensaklaran menggunakan triac atau relay yang dikombinasi dengan selektor manual.
    mas2: web ini saya pindah ke www.kampungide.com


    TTD
    Mansur Hidayat
    www.kampungide.com

    BalasHapus
  10. ijin nambahin akh... Klo udah diganti kapasitornya tetep pelan atau dengung, coba sdikit dikasih pelumas trus diputer2 as'nya, klo tetep msih seret coba dipukul2 ujung as'nya mnggunakan pegangan obeng/drei dengan 1x4arah (atas-bawah-kanan-kiri). Tujuan'a supaya as menjadi centre / pndangan lurus kdepan. Mksih...

    BalasHapus
  11. Mz Antony: betul pendapat sampeyan, sudah kipas tidak bisa muter gara2 as rotornya macet karena kurang pelumas. biasanya ada akumulasi debu yang mengering sehingga membentuk karat pada rotor tsb.

    BalasHapus
  12. Mas mau nanya sy ada perbaiki kipas angin tetapi setelah sy ganti kapasitornya dan mulai djalan tapi hanya bisa berputar utk kecepan 1 & 2 dan setelah dipindahkan kecepatan 3 justru malah mati kipasnya. itu gimana yach solusinya??

    BalasHapus
  13. Mas bro..
    Ada masalah dgn kipas angin yg sistimnya memakai remot..
    Stelah di cek ic nya bermasalah/rusak..
    Ic nya ada di jual ga bro??
    Kl ga ada di jual jd gimana solusinya??
    Trim's atas penjelasannya mas bro

    BalasHapus
  14. @mas arya: mungkin lilitan untuk putaran ke-3 sudah lemah, sehingga perlu diganti total, tapi biasanya permasalahan yang timbul karena as rotor macet, coba beri pelumas, jika tetep g bisa, ganti spul kipas

    BalasHapus
  15. mas HJE
    setahu saya g ada mas bro, ada alternatif yaitu dengan menggunakan mikrokontroller, dengan cara memprogram sendiri.

    thanks

    Mansur hidayat
    www.kampungide.com

    BalasHapus
  16. mas ijin nanya nih,kipas angin saya kondisi masih bagus, tapi saat bergerak kekanan dan akan berganti arah kekiri ada suara berisik krak..krak..krak..hehe..begitu juga sebaliknya..kira2 masalahnya apa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti ada permasalahan di gearbox penggerak belakang, kemungkinan yang pertma mungkin kurang pelumas pada bagian2 yang bergerak, kedua mungkin salah satu gigi ada yang rompal sehingga sulit untuk memindahkan gerakan. amati dan liat pergerakan, check dimana yang berhenti kalo udah pasti rusak ganti aja gearbox dengan yang baru. harganya 15 rb.


      Salam
      Mansur Hidayat
      www.kampungide.com

      Hapus
  17. keren broooo

    www.solodistro.com
    tempat yang tepat, murah dan aman untuk belanja online

    BalasHapus
  18. terima kasih info yg berguna ini nanti akan saya coba dirumah jadi mekanik dadakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2. semoga lancar dan info ini membantu anda..

      Hapus
  19. kalo mo beli spare part kipas angin kayak bearing dimana ya..?
    Klo kapasitor, sama kayak kapasitor buat elektronika laennya..?
    trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir ditoko elektronika maupun listrik sudah menyediakan, harganya sekitar 5 rb.
      untuk kapasitor berbeda karena ukurannya besar (kapasitansi) dan tegangan kerjanya juga besar, 400 V, bisa dibeli di toko elektro, harganya 3000-5000 rupiah

      Hapus
  20. Mau tanya gan!! Klo di conek as motornya macet,, tp klo ga di conek lancar itu apa masalahnya ya,,??? Mohon informasinya

    BalasHapus
  21. biasanya body as dan bearing sudah g center lagi, lakukan penyeimbangan pada saat mengkonek. lumasi, stel semua keseimbangan mekaniknya

    BalasHapus
  22. gan cara membuka , tutup kumparan kipas angin gantung gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah membuka kipas angin gantung beberapa kali, agak rumit memang dan butuh ketelatenan.
      cara membukanya dimulai dari penutup atas dan bawahnya, ada yang pake baut ada yang cuma nempel (perlu dicukit)

      Hapus
  23. kipas angin g bsa di atur untuk arah tengah. klo ke bwah dol (ktka dtmtel), ke belakang jga dol (ketika dilantai, pa masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya untuk kemiringan kipas?
      itu ada pelor kecil yang menahan drat leher kipas mas,

      Hapus
  24. maaf mas saya mau tanya....dr pertama saya beli 4 kipas angin langit-langit, hanya 1 yg berputar kencang sedang kan 3 kipas lg berputar lambat padalah sudah dengan kecepatan tinggi...kira2 masalah di mana ya mas...apa ada masalah dengan kapasitor nya...pdhl saya beli kipas itu baru semua...klw mau saya ganti kapasitor yg mana ya...soal nya ada dua kapasitor,yg pertama di alat kontrol dan yg kedua ada di motor kimas nya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru bales mas, kemungkinan ada permasalahn sesuai dengan yang saya jabarkan pada tulisan.
      kalo smpeyan curiga dengan kapasitor bisa dituker dengan yang masih bagus, kalo masih pelan, berarti mekaniknya ada masalah atau lilitannya bermasalah.

      Hapus
  25. maaf mas, mau tanya?
    Saya dapat tugas mengenai cara kerja thermofuse setrika.
    kemaren saya buka bgian dalam thermofuse dan didalamnya ada serbuk, per, kuningan, dan logam (klo gak salah alumunium).
    yang saya bingungkan fungsi dari bagian-bagian penyusun thermofuse itu,sehingga thermofuse dapat memutuskan arus. bagaimana itu mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya mas, mungkin yang dimaksud bukan thermofuse tapi saklar bimetal. kalo thermofuse adalah sekring yang cara mutusnya dengan temperature dan tidak bisa nyambung lagi (sekali pakai). kalo bimetal, saklar pengatur suhu pada setrika yang bekerja secara ON/OFF berdasar suhu. cara kerjanya adalah, bimetal ini terdiri 2 logam yang koefisien muainya berbeda dan direkatkan jadi satu. peer yang dimaksud adalah salah satu logam, sedangkan keramik sebagai isolator untuk menahan saklar. apabila bimetal diberi panas dengan nilai tertentu, maka akan terjadi pemuaian (hukum fisika), dengan berbedanya titik muai dua logam, maka jumlah panjang yang dihasilkan juga berbeda, sehingga bimetal tersebut akan melengkung, proses melengkungnya ini yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan arus listrik

      Hapus
  26. thanks broo atas caranya.. kipas angin saya berputarnya sangat kencang adeeeeeeeeeeeeeem

    BalasHapus
  27. ok sob, sama2, maknyus kipasnya,
    silahkan share info ke yang laen..

    BalasHapus
  28. gan
    cara ngebuka bearing gimana ya gan ?
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan, untuk membuka bearing hal pertama yang harus dibuka adalah penutupnya, terbuat dari besi tipis dengan kunci lipat saja, dimana di dalamnya ada bantalan busa.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. mas kalo baut yang 4 itu dol jadi gak bisa di buka kumparannya, gimana ngakalinnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibor dulu mas, kemudian di tap (dibuat ulir baut yang baru)

      Hapus
  31. wah thanx om atas infonya.. kipas angin ane langsung nyala lg nih.. ternyata thermal fuse-nya problem.. :D

    ~erinadio~

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama2 gan, selamat udah bisa nyala lagi kipasnya, biar semriwing. :D

      Hapus
  32. gan mau tanya persamaan tr MAC97 A8,soalnya cari disini susah bngt..trm

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan TR gan, tapi triac 600V 0.8A, ini ada yang umum dipasaran BT136-600, rentang tegangannya sama sekitar 600V namun arus bebannya bisa sampai 6 A.
      komponen ini bisa dipesesn di toko online, salah satunya www.digi-ware.com
      semoga membantu


      Mansur Hidayat
      www.kampungide.com

      Hapus
  33. permisi gan monanya nih,kipas aku awalnya suka berputar lalu berhenti lalu berputar lagi begitu berulang-ulang dan akhirnya berhenti total,coba utak atik dengan cabutin kabel2 dari selector lalu coba2 sambung2, kabel 3 (top speed) kipas ngga muter, kabel 2 dan 1 muter kenceng tapi masalahnya muternya ko kearah yg salah ( anginnya ngga ke depan) knapa ya? thx seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada permasalahn pada arah putaran, kemungkinan ada kerusakan pada pengkutuban kumparan.
      normalnya untuk membalik putaran, kita harus membalik arah lilitan dan arah rotor.
      saran saya, coba cek kondisi lilitan beserta kapasitor, jika masih tetep, mending ganti lilitan total.

      Hapus
  34. Mas....kipas angin saya kondisi masih putar normal, putarannya berkurang kalau "bushing" oli/greasenya kering. Suatu saay, saya coba ganti"bushing" menjadi "bearing" dan menurut saya sdh pas dan center kedudukannya, tp mengapa tidak bisa putar?..hanya dengung saja.. Mohon pencerahannya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti bearing memang tidak cocok dengan konstruksi kipas, karena bukan center saja, namun harus dilihat garis maghnet pada rotor dan statornya supaya sinkron

      Hapus
  35. Kipas angin sy tidak bisa berputar mas, sy bongkar trus dites pake tespen semuanya ada tegangannya mas.
    Mohon jawabanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan, pada kipas angin yang bermasalah meskipun ada tegangan itu terletak pada proses pengkutuban medan maghnet, bisa jadi kapasitor atau lilitan motor kipas smpeyan sudah tidak bisa membangkitkan medan maghnetyang sesuai antara stator dan rotor.

      Hapus
  36. gan kipas angin sya mti mendadak thu knpa yach
    pdhal lampu on off nya msih idup
    mohon jawaban nya
    thank'

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tegangan pada kipas agan sudah masuk. kalo tidak ada bunyi dengung, kemungkinan besar thermal fusenya yang kena (sekering suhu) bisa dilihat pada gabar, kalo ada dengung bisa jd bearing dan kapasitor yang harus diganti. monggo di cek terlebih dahulu, semoga membantu

      Hapus
  37. Maav gan ...
    kalo bleh tau
    thu sperpat yg gan bilang thu kisaran harga nya brpa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sekering suhu berkisar Rp2000
      kapasitor berkisar Rp 5000
      untuk bushing sekitar Rp5000

      Hapus
  38. Gan ane buka bearing dgn cara nyumbatin tnghnya lalu dtekan. Cr masang bearingnya gmn ya ? Soalnya mau dgnti.

    BalasHapus
  39. cara ganti bearingnya dengan membuka plat yang menutup bearing, memasangnya pun gampang tinggal disenterkan dengan as, kemudia kunci lagi plat penutupnya

    BalasHapus
  40. Mas, mau tanya kipas angin dinding saya itu pada bagian leher yang biasa digunain buat ngatur naik turun arah kipas itu rusak, walhasil punya saya menghadap ke atas trus, kalo dihadapin kebawah malah balik lagi ke arah atas, saya mau coba perbaiki sendiri mas, mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bebrapa tipe untuk leher2 kipas angin gan. pertama ada yang menggunakan peer (pegas) dan memakai peloran.
      mungkin yang dimaksudkan adalah posisi pegasnya yang tidak tepat dan posisi pelorannya belum ngunci atau bahkan hilang.
      silahkan dibuka terlebih dahulu pelan2 dan simulasikan. pengalaman saya peloran dulu pernah hilang.

      Hapus
  41. malam mas mansyur dirumah ada kipas mati 2(dua) kondisinya as seret mungkin sudah aus yang satu saya olesi gemuk bisa muter lagi tapi saya tidak tahu efek jangka panjangnya apa ada yang bilang diolesi dengan pelumas saja , pelumas yang baik merk apa, kalau dengan pelumas chainlube ( pelumas rantai motor ) bisa atau tidak , tapi kalau saya mau ganti as dan bearingnya beliya ditoko apa ya ? di toko elektronik ada atau tidak

    thanks
    indra

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas indra.
      Mohon maaf baru bisa bls pertanyaan.
      sebetulnya tidak ada spesifikasi khusus untuk pelumas, yang terpenting as bisa muter dengan baik dan lancar. perlu diketahui as seret karena kemungkinan jarang dipakai sehingga akumulasi debu bercampur dengan pelumas yang menjadi kerak.
      utuk as saya belum pernah ganti, kemungkinan terburung adalah as yang keropos, bisa diakali dengan lem besi kemudian di amplas yang rata.
      untuk bearing ada yang jual mas, bisa di toko elektro yang menyediakan spare part motor listrik, spul (lilitan) dan sebagainya, harganya berkisaran 5-8 rb.

      Hapus
  42. kode SCR mac97a6 BJ 027 artinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tipe komponen ini adalah sensitif triac, datasheetnya bs di download http://www.onsemi.com/pub_link/Collateral/MAC97-D.PDF

      kodenya itu adalah berasal dari mana komponen tersebut dibuat, tahun dsb

      Hapus
  43. mas bro, ane mo betulin kipas angin jaman dulu,... dh lama ngk kepake. ketika ane buka ternyata pake tegangan 110v. tapi bisa juga dibah ke 220v (ada alatnya d dlm kipas angin) tapi ketika ane buka ngak ketemu tu alatnya yang ngubah 220v ke 110v. kipas ana merk national f-es401.....jd gmna solusinya gan ?

    BalasHapus
  44. saya kurang mengerti maksud pertanyaan agan.
    tapi intinya memang untuk kipas jaman dahulu bisa digunakan untuk tegangan 110 dan 220.
    biasanya ada selektor untuk memilih tegangan, dengan memindah saklar. pemindahan tadi adalah mengubah jumlah lilitan didalamya.

    BalasHapus
  45. blog yang bagus mas,
    kebetulan saya ada kipas angin mati total , dgn model berbeda dari contoh di blog, kira2 bisa dibetulin gak mas? benntuk dalemnya seperti ini [IMG]http://imageshack.us/a/img40/7046/rvoq.jpg[/IMG] apanya ya yg harus diganti ? maspion , 220 v .

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yang rusak trafonya mas, harganya sekitar 10 rb, cara bukanya dengan dipukul pelan2 denan plat pada sambungan inti besinya, kemudian contoh trafonya yg rusak dibawa pada toko untuk dicocokkan dengan baru

      Hapus
  46. hallo bos! saye mo nanya neh. blon lama ini kipas angin saye mati. kalo saye liat koment2 di atas, itu kemungkinan yg kena kan thermal fusenye. tapi pas saye bawa ke tukang service. kata tukang servicenye, kipas angin saye gak ada thermal fusenye. jadi jalan satu2nye mesti di gulung ulang dinamonye. pas dinamonye udeh di gulung ulang. kipas angin saye malah berisik banget suaranye. suara berisiknye udeh kaya mesin diesel. kalo udah begetoo, kira2 masalahnye ape ye bos? tolong kasih tau bos kalo misalnye ada yg mesti saye ganti komponen'nye. n' kasih tau juga posisi tempat komponen tersebut. thank's neh bos!

    BalasHapus
  47. bisa jadi emang g ada thermal fuse, sehingga lilitannya terbakar. kemungkinan jika terjadi suara bising adalah, as bushingnya sudah rusak atau kurang pelumas. kerusakan karena aus dan juga tidak senter. saran saya cek dulu keseimbangan putarannya. kalo kurang pelumas lagsung dikasih greasi/oli gemuk

    BalasHapus
  48. Kipas pelan, muter lancar jaya, as ke kanan n kekiri ga koplak, kapasitor dh ganti, tetep pelan, hrg gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinannnya adalah lilitan sudah mulai melemah, saran saya lilit ulang atau beli lilitan jadi.

      Hapus
  49. Saya pny kipas, kdng mcet sndri n klo brputar pun sll ad bunyi kyk "grokk grokk"..stlah sya bngkr bgian blkang (bgian dpn ssah bka bling2ny cz ad kwat pngikat pd bling2 k prosny) it sya krang tau bgian ap, tp prosny jg ikt sdkit mju kdpan klo dhdupkan n mnimbulkan bnyi sprti it, tp klo sya tkan bling2 yg otmtis prosny jg ikt kblkang bisa muter knceng n suarany hlus, bgimna y crany untk mngencangkany shingga tdk prlu dtekan??
    Makasih

    BalasHapus
  50. iya kan emang begitu, untuk membongkar semua bagian motor, pertama baling-baling harus dibuka, ada kunci gelang kawat yang harus dicukit dengan obeng min.
    permasalahan pada kipas agan, adalah terlalu lebarnya sapsi/jarak kosong antara bushing dengan as (rotor). seharusnya itu ada pengganjal beberapa range tipi (seperti cincin) yang berguna memisahkan jarak rotor tengah dan bushing. jika sudah tidak ada, silahkan buatkan deari plastik tips, yang terpenting tidak ada material yang mengganjal putaran. namun perlu diingat rotor harus tepat di titik tengah lilitan.
    SEMOGA MEMBANTU....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih gan solusiny, tp kira2 kalo dservice'in mhal kga y gan? Kira2 brpa y?
      thank's

      Hapus
    2. wah kurang tau ya gan, mugkin dalam kisaran 50 rbuan. kalo dari kasusnya tidak begitu rumit. syukur2 bisa lebih murah separohnya.

      Hapus
  51. Cara ganti thermal fuse gimana? Posisinya juga dimana, saya punya jenis box fan EX-2109 T.
    Thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara gantinya, tinggal dipotong dan diganti dengan yang baru. bentuknya seperti resistor berkaki 2. posisinya biasanya ditutupi kertas isolasi menempel pada lilitan.

      Hapus
  52. Salam Kenal,

    Nice Blog,,,keliatannya update terus.

    Numpang Cari solusi gan, Kipas angin ana matot yang idup cuman louvernya doang, merek Maspion JF 2104 RC, sy udah coba ganti kapasitornya tetep juga gak mau muter kipasnya, kira2 problemnya apa yah? semoga cepet direply

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga gan,
      jarang update kok, hehe. karena ada web. www.kampungide.com
      Kemungkinan sekring suhunya gan putus, kalo tidak ada bunyi dengung sama sekali.
      posisinya hampir sama dengan pertanyaan si atas. semoga membantu.

      Hapus
  53. gan mw tanya kipas angin ane saklarnya gk berfungsi setelah ane cek pake multitester smua terminal nyambung smua,solusinya gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang gitu gan, kalo saklar maih terhubung denga lilitan, maka akan nunjuk kalau di ukur di titik manapun, saran saya lepas aja kabel dengan diberi tanda.
      atau dengan cara melakukan simulasi dengan memencet satu-satu kemudian diukur dengan kabel yang menempel, hasilnya harus 0 ohm, jika tidak ditekan maka nilai resistasinya agak besar.

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  55. Gan , kipas angin ane , waktu di colokan ke stop kontak , gak hidup , nunggu sekitar 40 menit dulu baru bisa muter kipasnya , kira2 apa yg rusak gan , tolong masukan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah punya pengalaman spt itu.
      masalahnya adalah kotor dibagian as dan statornya (tetapi pas diputar enteng). saya bersihkan dengan kuas dan diberi pelumas, kemudian dinyalakan langsung nyala, tanpa menunggu panas.
      atau bisa dari kapasitor sudah lemah.

      Hapus
  56. gan ane punya kipas nih bis aku bersiin trus pas aku nyalain kok malah mutar balik, trus saya balik ulang gulungannya itu eh malah gk mau muter, jadi aku coba yang speed 3 bisa muter tpi harus bantuan tangan itupun gk bisa klo ada baling-balingnya terpasang. trus yg bikin aku bingung nih klo sy bantu mutar arah kiri bisa klo saya bantu mutar arah kanan juga bisa mutar, kira apanya yah ( kipas matsunichi biasa yg ada kapasitornya ) ... tanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putaran kebalik itu biasanya posisinya rotor ama statornya kebalik.
      langkah awal agan sudah betul dengan membalik koilnya. namun yang perlu diperhatikan adalah pada saat membalik koil apakah ada lilitan yang putus meski 1 helai. saran saya cek dengan avometer. pastikan juga posisi rotor dengan asnya harus center. posisi sekat antara lilitan dengan stator harus bagus.

      Hapus
    2. tambahan gan, biasanya kalo bisa muter kanan dan kiri, berarti kumparan starter bermasalah. bisa jadi putus. ganti kumparan yang anyar.

      Hapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  59. Permisi gan,,
    sy baru beli kipas angin panasonic F-ER 303.. baru dipakai 2-3 hari kok timbul suara mendengung, tapi tetep muter bagus & normal semua, cuma timbul suara dengung yg cukup mengganggu..

    --> gimana cara menghilangkan suara dengung-nya gan ?.. mohon pencerahannya gan..

    thanks sblmnya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cek dulu gan, sumber dengungnya berasal dari bearingnya atau dengung dari lilitan.
      kalo dari bearing segera ganti atau beri pelumas, kalo dari lilitan bunyinya seperti dengung trafo, kemungkinan ada part besi yang longgar (intibesi) atau bahkan lilitannya sudah g sinkron dengan besi rotor (as)

      Hapus
  60. Mo nanya... kipas angin dirumah saya suka mutar2, kenapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. muter2 gmn gan, mohon diperjelas pertanyaannya??

      Hapus
  61. tanya gan,
    kipas angin gantung di rumah saya ada 5 kecepatan. beberapa hari yang lalu kecepatan 1-4 mati, ga mau muter. tapi yg kecepatan 5, yang paling kenceng, masih mau muter. sementara ini saya terpaksa selalu pake yang kecepatan 5, walopun udara ga panas2 amat, jadinya saya kemarin masuk angin.. *lho kok jadi curhat*

    itu kira2 kenapa ya? apa yg harus diperbaiki/diganti biar kecepatan lainnya bisa berfungsi lagi? mohon pencerahannya... makasi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kerusakan pertama ada pada saklar selektor, prinsip kerja selektor ini menggunakan trafo kecil dan resistor yang nilainya bervariasi tergantung pada kecepatan kipas, kebanyakan sudah gosong atau putus. saran saya ganti dengan baru saklar selektornya.

      Hapus
  62. thanks mas bro...,atas pencerahannya.....

    BalasHapus
  63. Gan kipas ane kalo dinyalain keluar suara tretek2 kaya suara listrik trus keluar bau gosong itu apanya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan dulu disebelah mana, kemugkinan di bagian saklar karena goyang atau dibagian lilitan itu sendiri.

      Hapus
  64. Mau ikutan nanya nih mas , Hexaust fan saya di rumah waktu dicolokin,lama dia muternya , kira 2 apanya yang rusak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dulu kapasitornya mas, kalo lemah ganti baru
      kalo kapasitor bagus cek muternya berat apa gak, beri pelumas.

      Hapus
  65. saya punya hexaust fan , kalo dicolokin powernya ga mw langsung muter ,, agak loading , qra 2 kenapa mas ??

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar dan pertanyaan Anda dengan informasi dan pertanyaan yang jelas!! Komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin dan akan dipublikasikan dengan segera setelah admin menerima email notifikasi..!!