Search

Friday 7 January 2011

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Kipas angin adalah sebuah alat listrik yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, khususnya bagi daerah yang tropis seprti kebanyakan daerah di Indonesia. Nah sekarang saya akan memberitahu para pemilik kipas angin bagaimana cara mereparasi dengan mudah. Kerusakan umum pada kipas angin antara lain:


1. Kipas angin tidak mau nyala sama sekali (no electric current

    Untuk keursakan ini biasa disebabkan oleh thermal fuse, fungsi dari fuse ini adalah melindungi dari kelebihan arus (+ 2A) akibat hubung singkat pada lilitan serta dari kelebihan panas (+ 135 C) yang timbul akibat terlalu lama beroperasi. Ganti atau hubung langsung tanpa sekring, dijamin kipas angin bisa berputar lagi.
Gambar lilitan beserta thermal fuse


2. Kipas angin tidak mau berputar tapi mengeluarkan bunyi dengung
    Untuk kerusakan ini disebabkan beberapa alasan, pertama yaitu rotor kipas yang tidak lancar karena bearing aus, lumasi dan jika masih belum bisa ganti dengan bearing yang baru. Kedua diakibatkan lemah atau matinya kapasitor pemutar kumparan starter, ganti aja langsung, murah kok.



Gambar bearing dan Kapsitor
3.Kipas Angin berputar pelan
    Pergerakan kipas angin yang pelan biasa disebabkan oleh perbedaan fasa antara kumparan utama dan starter (sok teknik coy, hehehe), komponen yang membuat perbedaan fasa adalah kapasitor, jadi ganti saja kapasitor dengan yang baru.

selesai deh, selamat tinggal panas-panasan.
jika ada pertanyaan jangan sungkan...!!!





259 comments:

  1. kLo thermaL fuse d hubung Lngsung tanpa sekering efek jangka panjangnx apa??...

    ReplyDelete
  2. Efek Jangka panjangnya adalah kalo kipas angin terlalu lama beroperasi, maka panas yang ditimbulkan tambah banyak, dan hal ini dapat merusak lilitan (terbakar), saran saya ganti aja harganya cuma Rp2000.

    ReplyDelete
  3. terima kasih gan.,, drumah kipasku jalanya ga kenceng.... berarti capacitornya ya... ku coba dulu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan itu harus di lem biru ( di lempar beli baru he.....)

      Delete
  4. Gan lumasi bearing ada efek gx???harga bearing brp kira2?

    ReplyDelete
  5. untuk bearing memang harus di lumasi, untuk penggantian harganya 5000 per pcs

    ReplyDelete
  6. Bro kipas angin dtempatku mulanya berputar pelan sekali, terus sekarang tidak mau berputar lagi. Apakah kapasitornya kalo diganti bisa normal. maksasi bro

    ReplyDelete
  7. kalau terbakar spul bs ganti ga? atau tlong di bagi cra menyepul yg benar. thanks!

    ReplyDelete
  8. maaf saya mau bertanya..saya punya kipas angin gantung dan mau menghidupkannya dgn remote control, dan bisa berputar,tapi tidak bisa pelan (kencang) terus,spart part apa yg harus saya ganti ya,terima kasih

    ReplyDelete
  9. sob, numpang tanya. Kipas di rumah saya mau mutar klau diputar dng tangan, . Trus kalau sudah mutar, baling2nya dipasang lg kipasnya tidak mutar dan berdengung. itu masalahnya dimana ya sob. Mohon petunjuknya, terima kasih.

    ReplyDelete
  10. @ANONIM1:kalo masalah pelan biasanya capsitor, kemungkinan ke 2 as kipas macet karena kurang pelumas dan yg terakhir spul kipas tsb dah lemah.
    @Anonim2: spul terbakar bisa diganti, dengan cara membeli spulnya lengkap dengan rotor (tingga pasang), atau spulnya saja. untuk harga spul berkisar 45-75 rb, lbih bawa cotoh. jika kita mau menggulung bisa saja yang penting rapi dan sesuai dengan hitungan. Namun menurut saya lebih beik beli spul jadi lebih cepat dan lebih murah.
    @mas Gunawan: kipas gantung biasanya dilengkapi dengan selektor kecepatan namun hanya manual (no remote), bisa kita pakai remot dengan mengatur pensaklaran menggunakan triac atau relay yang dikombinasi dengan selektor manual.
    mas2: web ini saya pindah ke www.kampungide.com


    TTD
    Mansur Hidayat
    www.kampungide.com

    ReplyDelete
  11. ijin nambahin akh... Klo udah diganti kapasitornya tetep pelan atau dengung, coba sdikit dikasih pelumas trus diputer2 as'nya, klo tetep msih seret coba dipukul2 ujung as'nya mnggunakan pegangan obeng/drei dengan 1x4arah (atas-bawah-kanan-kiri). Tujuan'a supaya as menjadi centre / pndangan lurus kdepan. Mksih...

    ReplyDelete
  12. Mz Antony: betul pendapat sampeyan, sudah kipas tidak bisa muter gara2 as rotornya macet karena kurang pelumas. biasanya ada akumulasi debu yang mengering sehingga membentuk karat pada rotor tsb.

    ReplyDelete
  13. Mas mau nanya sy ada perbaiki kipas angin tetapi setelah sy ganti kapasitornya dan mulai djalan tapi hanya bisa berputar utk kecepan 1 & 2 dan setelah dipindahkan kecepatan 3 justru malah mati kipasnya. itu gimana yach solusinya??

    ReplyDelete
  14. Mas bro..
    Ada masalah dgn kipas angin yg sistimnya memakai remot..
    Stelah di cek ic nya bermasalah/rusak..
    Ic nya ada di jual ga bro??
    Kl ga ada di jual jd gimana solusinya??
    Trim's atas penjelasannya mas bro

    ReplyDelete
  15. @mas arya: mungkin lilitan untuk putaran ke-3 sudah lemah, sehingga perlu diganti total, tapi biasanya permasalahan yang timbul karena as rotor macet, coba beri pelumas, jika tetep g bisa, ganti spul kipas

    ReplyDelete
  16. mas HJE
    setahu saya g ada mas bro, ada alternatif yaitu dengan menggunakan mikrokontroller, dengan cara memprogram sendiri.

    thanks

    Mansur hidayat
    www.kampungide.com

    ReplyDelete
  17. mas ijin nanya nih,kipas angin saya kondisi masih bagus, tapi saat bergerak kekanan dan akan berganti arah kekiri ada suara berisik krak..krak..krak..hehe..begitu juga sebaliknya..kira2 masalahnya apa ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti ada permasalahan di gearbox penggerak belakang, kemungkinan yang pertma mungkin kurang pelumas pada bagian2 yang bergerak, kedua mungkin salah satu gigi ada yang rompal sehingga sulit untuk memindahkan gerakan. amati dan liat pergerakan, check dimana yang berhenti kalo udah pasti rusak ganti aja gearbox dengan yang baru. harganya 15 rb.


      Salam
      Mansur Hidayat
      www.kampungide.com

      Delete
  18. keren broooo

    www.solodistro.com
    tempat yang tepat, murah dan aman untuk belanja online

    ReplyDelete
  19. terima kasih info yg berguna ini nanti akan saya coba dirumah jadi mekanik dadakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. semoga lancar dan info ini membantu anda..

      Delete
  20. kalo mo beli spare part kipas angin kayak bearing dimana ya..?
    Klo kapasitor, sama kayak kapasitor buat elektronika laennya..?
    trims....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir ditoko elektronika maupun listrik sudah menyediakan, harganya sekitar 5 rb.
      untuk kapasitor berbeda karena ukurannya besar (kapasitansi) dan tegangan kerjanya juga besar, 400 V, bisa dibeli di toko elektro, harganya 3000-5000 rupiah

      Delete
  21. Mau tanya gan!! Klo di conek as motornya macet,, tp klo ga di conek lancar itu apa masalahnya ya,,??? Mohon informasinya

    ReplyDelete
  22. biasanya body as dan bearing sudah g center lagi, lakukan penyeimbangan pada saat mengkonek. lumasi, stel semua keseimbangan mekaniknya

    ReplyDelete
  23. gan cara membuka , tutup kumparan kipas angin gantung gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah membuka kipas angin gantung beberapa kali, agak rumit memang dan butuh ketelatenan.
      cara membukanya dimulai dari penutup atas dan bawahnya, ada yang pake baut ada yang cuma nempel (perlu dicukit)

      Delete
  24. kipas angin g bsa di atur untuk arah tengah. klo ke bwah dol (ktka dtmtel), ke belakang jga dol (ketika dilantai, pa masalahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya untuk kemiringan kipas?
      itu ada pelor kecil yang menahan drat leher kipas mas,

      Delete
  25. maaf mas saya mau tanya....dr pertama saya beli 4 kipas angin langit-langit, hanya 1 yg berputar kencang sedang kan 3 kipas lg berputar lambat padalah sudah dengan kecepatan tinggi...kira2 masalah di mana ya mas...apa ada masalah dengan kapasitor nya...pdhl saya beli kipas itu baru semua...klw mau saya ganti kapasitor yg mana ya...soal nya ada dua kapasitor,yg pertama di alat kontrol dan yg kedua ada di motor kimas nya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru bales mas, kemungkinan ada permasalahn sesuai dengan yang saya jabarkan pada tulisan.
      kalo smpeyan curiga dengan kapasitor bisa dituker dengan yang masih bagus, kalo masih pelan, berarti mekaniknya ada masalah atau lilitannya bermasalah.

      Delete
  26. maaf mas, mau tanya?
    Saya dapat tugas mengenai cara kerja thermofuse setrika.
    kemaren saya buka bgian dalam thermofuse dan didalamnya ada serbuk, per, kuningan, dan logam (klo gak salah alumunium).
    yang saya bingungkan fungsi dari bagian-bagian penyusun thermofuse itu,sehingga thermofuse dapat memutuskan arus. bagaimana itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sebelumnya mas, mungkin yang dimaksud bukan thermofuse tapi saklar bimetal. kalo thermofuse adalah sekring yang cara mutusnya dengan temperature dan tidak bisa nyambung lagi (sekali pakai). kalo bimetal, saklar pengatur suhu pada setrika yang bekerja secara ON/OFF berdasar suhu. cara kerjanya adalah, bimetal ini terdiri 2 logam yang koefisien muainya berbeda dan direkatkan jadi satu. peer yang dimaksud adalah salah satu logam, sedangkan keramik sebagai isolator untuk menahan saklar. apabila bimetal diberi panas dengan nilai tertentu, maka akan terjadi pemuaian (hukum fisika), dengan berbedanya titik muai dua logam, maka jumlah panjang yang dihasilkan juga berbeda, sehingga bimetal tersebut akan melengkung, proses melengkungnya ini yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan arus listrik

      Delete
  27. thanks broo atas caranya.. kipas angin saya berputarnya sangat kencang adeeeeeeeeeeeeeem

    ReplyDelete
  28. ok sob, sama2, maknyus kipasnya,
    silahkan share info ke yang laen..

    ReplyDelete
  29. gan
    cara ngebuka bearing gimana ya gan ?
    mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan, untuk membuka bearing hal pertama yang harus dibuka adalah penutupnya, terbuat dari besi tipis dengan kunci lipat saja, dimana di dalamnya ada bantalan busa.

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. mas kalo baut yang 4 itu dol jadi gak bisa di buka kumparannya, gimana ngakalinnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibor dulu mas, kemudian di tap (dibuat ulir baut yang baru)

      Delete
  32. wah thanx om atas infonya.. kipas angin ane langsung nyala lg nih.. ternyata thermal fuse-nya problem.. :D

    ~erinadio~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama2 gan, selamat udah bisa nyala lagi kipasnya, biar semriwing. :D

      Delete
  33. gan mau tanya persamaan tr MAC97 A8,soalnya cari disini susah bngt..trm

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan TR gan, tapi triac 600V 0.8A, ini ada yang umum dipasaran BT136-600, rentang tegangannya sama sekitar 600V namun arus bebannya bisa sampai 6 A.
      komponen ini bisa dipesesn di toko online, salah satunya www.digi-ware.com
      semoga membantu


      Mansur Hidayat
      www.kampungide.com

      Delete
  34. permisi gan monanya nih,kipas aku awalnya suka berputar lalu berhenti lalu berputar lagi begitu berulang-ulang dan akhirnya berhenti total,coba utak atik dengan cabutin kabel2 dari selector lalu coba2 sambung2, kabel 3 (top speed) kipas ngga muter, kabel 2 dan 1 muter kenceng tapi masalahnya muternya ko kearah yg salah ( anginnya ngga ke depan) knapa ya? thx seblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada permasalahn pada arah putaran, kemungkinan ada kerusakan pada pengkutuban kumparan.
      normalnya untuk membalik putaran, kita harus membalik arah lilitan dan arah rotor.
      saran saya, coba cek kondisi lilitan beserta kapasitor, jika masih tetep, mending ganti lilitan total.

      Delete
  35. Mas....kipas angin saya kondisi masih putar normal, putarannya berkurang kalau "bushing" oli/greasenya kering. Suatu saay, saya coba ganti"bushing" menjadi "bearing" dan menurut saya sdh pas dan center kedudukannya, tp mengapa tidak bisa putar?..hanya dengung saja.. Mohon pencerahannya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti bearing memang tidak cocok dengan konstruksi kipas, karena bukan center saja, namun harus dilihat garis maghnet pada rotor dan statornya supaya sinkron

      Delete
  36. Kipas angin sy tidak bisa berputar mas, sy bongkar trus dites pake tespen semuanya ada tegangannya mas.
    Mohon jawabanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan, pada kipas angin yang bermasalah meskipun ada tegangan itu terletak pada proses pengkutuban medan maghnet, bisa jadi kapasitor atau lilitan motor kipas smpeyan sudah tidak bisa membangkitkan medan maghnetyang sesuai antara stator dan rotor.

      Delete
  37. gan kipas angin sya mti mendadak thu knpa yach
    pdhal lampu on off nya msih idup
    mohon jawaban nya
    thank'

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti tegangan pada kipas agan sudah masuk. kalo tidak ada bunyi dengung, kemungkinan besar thermal fusenya yang kena (sekering suhu) bisa dilihat pada gabar, kalo ada dengung bisa jd bearing dan kapasitor yang harus diganti. monggo di cek terlebih dahulu, semoga membantu

      Delete
  38. Maav gan ...
    kalo bleh tau
    thu sperpat yg gan bilang thu kisaran harga nya brpa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sekering suhu berkisar Rp2000
      kapasitor berkisar Rp 5000
      untuk bushing sekitar Rp5000

      Delete
  39. Gan ane buka bearing dgn cara nyumbatin tnghnya lalu dtekan. Cr masang bearingnya gmn ya ? Soalnya mau dgnti.

    ReplyDelete
  40. cara ganti bearingnya dengan membuka plat yang menutup bearing, memasangnya pun gampang tinggal disenterkan dengan as, kemudia kunci lagi plat penutupnya

    ReplyDelete
  41. Mas, mau tanya kipas angin dinding saya itu pada bagian leher yang biasa digunain buat ngatur naik turun arah kipas itu rusak, walhasil punya saya menghadap ke atas trus, kalo dihadapin kebawah malah balik lagi ke arah atas, saya mau coba perbaiki sendiri mas, mohon bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bebrapa tipe untuk leher2 kipas angin gan. pertama ada yang menggunakan peer (pegas) dan memakai peloran.
      mungkin yang dimaksudkan adalah posisi pegasnya yang tidak tepat dan posisi pelorannya belum ngunci atau bahkan hilang.
      silahkan dibuka terlebih dahulu pelan2 dan simulasikan. pengalaman saya peloran dulu pernah hilang.

      Delete
  42. malam mas mansyur dirumah ada kipas mati 2(dua) kondisinya as seret mungkin sudah aus yang satu saya olesi gemuk bisa muter lagi tapi saya tidak tahu efek jangka panjangnya apa ada yang bilang diolesi dengan pelumas saja , pelumas yang baik merk apa, kalau dengan pelumas chainlube ( pelumas rantai motor ) bisa atau tidak , tapi kalau saya mau ganti as dan bearingnya beliya ditoko apa ya ? di toko elektronik ada atau tidak

    thanks
    indra

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas indra.
      Mohon maaf baru bisa bls pertanyaan.
      sebetulnya tidak ada spesifikasi khusus untuk pelumas, yang terpenting as bisa muter dengan baik dan lancar. perlu diketahui as seret karena kemungkinan jarang dipakai sehingga akumulasi debu bercampur dengan pelumas yang menjadi kerak.
      utuk as saya belum pernah ganti, kemungkinan terburung adalah as yang keropos, bisa diakali dengan lem besi kemudian di amplas yang rata.
      untuk bearing ada yang jual mas, bisa di toko elektro yang menyediakan spare part motor listrik, spul (lilitan) dan sebagainya, harganya berkisaran 5-8 rb.

      Delete
  43. kode SCR mac97a6 BJ 027 artinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tipe komponen ini adalah sensitif triac, datasheetnya bs di download http://www.onsemi.com/pub_link/Collateral/MAC97-D.PDF

      kodenya itu adalah berasal dari mana komponen tersebut dibuat, tahun dsb

      Delete
  44. mas bro, ane mo betulin kipas angin jaman dulu,... dh lama ngk kepake. ketika ane buka ternyata pake tegangan 110v. tapi bisa juga dibah ke 220v (ada alatnya d dlm kipas angin) tapi ketika ane buka ngak ketemu tu alatnya yang ngubah 220v ke 110v. kipas ana merk national f-es401.....jd gmna solusinya gan ?

    ReplyDelete
  45. saya kurang mengerti maksud pertanyaan agan.
    tapi intinya memang untuk kipas jaman dahulu bisa digunakan untuk tegangan 110 dan 220.
    biasanya ada selektor untuk memilih tegangan, dengan memindah saklar. pemindahan tadi adalah mengubah jumlah lilitan didalamya.

    ReplyDelete
  46. blog yang bagus mas,
    kebetulan saya ada kipas angin mati total , dgn model berbeda dari contoh di blog, kira2 bisa dibetulin gak mas? benntuk dalemnya seperti ini [IMG]http://imageshack.us/a/img40/7046/rvoq.jpg[/IMG] apanya ya yg harus diganti ? maspion , 220 v .

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang rusak trafonya mas, harganya sekitar 10 rb, cara bukanya dengan dipukul pelan2 denan plat pada sambungan inti besinya, kemudian contoh trafonya yg rusak dibawa pada toko untuk dicocokkan dengan baru

      Delete
  47. hallo bos! saye mo nanya neh. blon lama ini kipas angin saye mati. kalo saye liat koment2 di atas, itu kemungkinan yg kena kan thermal fusenye. tapi pas saye bawa ke tukang service. kata tukang servicenye, kipas angin saye gak ada thermal fusenye. jadi jalan satu2nye mesti di gulung ulang dinamonye. pas dinamonye udeh di gulung ulang. kipas angin saye malah berisik banget suaranye. suara berisiknye udeh kaya mesin diesel. kalo udah begetoo, kira2 masalahnye ape ye bos? tolong kasih tau bos kalo misalnye ada yg mesti saye ganti komponen'nye. n' kasih tau juga posisi tempat komponen tersebut. thank's neh bos!

    ReplyDelete
  48. bisa jadi emang g ada thermal fuse, sehingga lilitannya terbakar. kemungkinan jika terjadi suara bising adalah, as bushingnya sudah rusak atau kurang pelumas. kerusakan karena aus dan juga tidak senter. saran saya cek dulu keseimbangan putarannya. kalo kurang pelumas lagsung dikasih greasi/oli gemuk

    ReplyDelete
  49. Kipas pelan, muter lancar jaya, as ke kanan n kekiri ga koplak, kapasitor dh ganti, tetep pelan, hrg gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinannnya adalah lilitan sudah mulai melemah, saran saya lilit ulang atau beli lilitan jadi.

      Delete
  50. Saya pny kipas, kdng mcet sndri n klo brputar pun sll ad bunyi kyk "grokk grokk"..stlah sya bngkr bgian blkang (bgian dpn ssah bka bling2ny cz ad kwat pngikat pd bling2 k prosny) it sya krang tau bgian ap, tp prosny jg ikt sdkit mju kdpan klo dhdupkan n mnimbulkan bnyi sprti it, tp klo sya tkan bling2 yg otmtis prosny jg ikt kblkang bisa muter knceng n suarany hlus, bgimna y crany untk mngencangkany shingga tdk prlu dtekan??
    Makasih

    ReplyDelete
  51. iya kan emang begitu, untuk membongkar semua bagian motor, pertama baling-baling harus dibuka, ada kunci gelang kawat yang harus dicukit dengan obeng min.
    permasalahan pada kipas agan, adalah terlalu lebarnya sapsi/jarak kosong antara bushing dengan as (rotor). seharusnya itu ada pengganjal beberapa range tipi (seperti cincin) yang berguna memisahkan jarak rotor tengah dan bushing. jika sudah tidak ada, silahkan buatkan deari plastik tips, yang terpenting tidak ada material yang mengganjal putaran. namun perlu diingat rotor harus tepat di titik tengah lilitan.
    SEMOGA MEMBANTU....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih gan solusiny, tp kira2 kalo dservice'in mhal kga y gan? Kira2 brpa y?
      thank's

      Delete
    2. wah kurang tau ya gan, mugkin dalam kisaran 50 rbuan. kalo dari kasusnya tidak begitu rumit. syukur2 bisa lebih murah separohnya.

      Delete
  52. Cara ganti thermal fuse gimana? Posisinya juga dimana, saya punya jenis box fan EX-2109 T.
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara gantinya, tinggal dipotong dan diganti dengan yang baru. bentuknya seperti resistor berkaki 2. posisinya biasanya ditutupi kertas isolasi menempel pada lilitan.

      Delete
  53. Salam Kenal,

    Nice Blog,,,keliatannya update terus.

    Numpang Cari solusi gan, Kipas angin ana matot yang idup cuman louvernya doang, merek Maspion JF 2104 RC, sy udah coba ganti kapasitornya tetep juga gak mau muter kipasnya, kira2 problemnya apa yah? semoga cepet direply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga gan,
      jarang update kok, hehe. karena ada web. www.kampungide.com
      Kemungkinan sekring suhunya gan putus, kalo tidak ada bunyi dengung sama sekali.
      posisinya hampir sama dengan pertanyaan si atas. semoga membantu.

      Delete
  54. gan mw tanya kipas angin ane saklarnya gk berfungsi setelah ane cek pake multitester smua terminal nyambung smua,solusinya gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang gitu gan, kalo saklar maih terhubung denga lilitan, maka akan nunjuk kalau di ukur di titik manapun, saran saya lepas aja kabel dengan diberi tanda.
      atau dengan cara melakukan simulasi dengan memencet satu-satu kemudian diukur dengan kabel yang menempel, hasilnya harus 0 ohm, jika tidak ditekan maka nilai resistasinya agak besar.

      Delete
  55. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  56. Gan , kipas angin ane , waktu di colokan ke stop kontak , gak hidup , nunggu sekitar 40 menit dulu baru bisa muter kipasnya , kira2 apa yg rusak gan , tolong masukan nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah punya pengalaman spt itu.
      masalahnya adalah kotor dibagian as dan statornya (tetapi pas diputar enteng). saya bersihkan dengan kuas dan diberi pelumas, kemudian dinyalakan langsung nyala, tanpa menunggu panas.
      atau bisa dari kapasitor sudah lemah.

      Delete
  57. gan ane punya kipas nih bis aku bersiin trus pas aku nyalain kok malah mutar balik, trus saya balik ulang gulungannya itu eh malah gk mau muter, jadi aku coba yang speed 3 bisa muter tpi harus bantuan tangan itupun gk bisa klo ada baling-balingnya terpasang. trus yg bikin aku bingung nih klo sy bantu mutar arah kiri bisa klo saya bantu mutar arah kanan juga bisa mutar, kira apanya yah ( kipas matsunichi biasa yg ada kapasitornya ) ... tanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putaran kebalik itu biasanya posisinya rotor ama statornya kebalik.
      langkah awal agan sudah betul dengan membalik koilnya. namun yang perlu diperhatikan adalah pada saat membalik koil apakah ada lilitan yang putus meski 1 helai. saran saya cek dengan avometer. pastikan juga posisi rotor dengan asnya harus center. posisi sekat antara lilitan dengan stator harus bagus.

      Delete
    2. tambahan gan, biasanya kalo bisa muter kanan dan kiri, berarti kumparan starter bermasalah. bisa jadi putus. ganti kumparan yang anyar.

      Delete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  60. Permisi gan,,
    sy baru beli kipas angin panasonic F-ER 303.. baru dipakai 2-3 hari kok timbul suara mendengung, tapi tetep muter bagus & normal semua, cuma timbul suara dengung yg cukup mengganggu..

    --> gimana cara menghilangkan suara dengung-nya gan ?.. mohon pencerahannya gan..

    thanks sblmnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cek dulu gan, sumber dengungnya berasal dari bearingnya atau dengung dari lilitan.
      kalo dari bearing segera ganti atau beri pelumas, kalo dari lilitan bunyinya seperti dengung trafo, kemungkinan ada part besi yang longgar (intibesi) atau bahkan lilitannya sudah g sinkron dengan besi rotor (as)

      Delete
  61. Mo nanya... kipas angin dirumah saya suka mutar2, kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. muter2 gmn gan, mohon diperjelas pertanyaannya??

      Delete
  62. tanya gan,
    kipas angin gantung di rumah saya ada 5 kecepatan. beberapa hari yang lalu kecepatan 1-4 mati, ga mau muter. tapi yg kecepatan 5, yang paling kenceng, masih mau muter. sementara ini saya terpaksa selalu pake yang kecepatan 5, walopun udara ga panas2 amat, jadinya saya kemarin masuk angin.. *lho kok jadi curhat*

    itu kira2 kenapa ya? apa yg harus diperbaiki/diganti biar kecepatan lainnya bisa berfungsi lagi? mohon pencerahannya... makasi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kerusakan pertama ada pada saklar selektor, prinsip kerja selektor ini menggunakan trafo kecil dan resistor yang nilainya bervariasi tergantung pada kecepatan kipas, kebanyakan sudah gosong atau putus. saran saya ganti dengan baru saklar selektornya.

      Delete
  63. thanks mas bro...,atas pencerahannya.....

    ReplyDelete
  64. Gan kipas ane kalo dinyalain keluar suara tretek2 kaya suara listrik trus keluar bau gosong itu apanya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan dulu disebelah mana, kemugkinan di bagian saklar karena goyang atau dibagian lilitan itu sendiri.

      Delete
  65. Mau ikutan nanya nih mas , Hexaust fan saya di rumah waktu dicolokin,lama dia muternya , kira 2 apanya yang rusak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu kapasitornya mas, kalo lemah ganti baru
      kalo kapasitor bagus cek muternya berat apa gak, beri pelumas.

      Delete
  66. saya punya hexaust fan , kalo dicolokin powernya ga mw langsung muter ,, agak loading , qra 2 kenapa mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, kipas angin gantung jadul saya merk nasional, kalau berputar tidak center sehingga kelihatannya klau berputar seperti mau jatuh dan anginnya tidak terasa walaupun putarannya sdh full. Kenapa ini ya Mas. Dan harus diapakan. Tks

      Delete
    2. cek dulu mas asnya, apakah ada baut atau bearing (laker) yang aus, kencangkan dan ganti bila perlu, kalo masalah g keluar angin, bisa jadi dari sudut baling2nya kurang karena tidak center

      Delete
  67. gimana kalau kipas angin gantung mini (ceiling fan) yg susah mutar, kadang mutar cman lambat, kumparan spul msih baik ?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari sisi kumparan dan maghnet di dalamnya g pas,

      Delete
  68. om.. kipas angin gue kok cepet panas yow (bagian trafo).. jadi thermofuse nya sering putus. akhir nya gue lepas as rotornya gue nyalain tuh kipas (tanpa as rotor jadi cuma trafo'na doang) tapi tetep trafo n inti besi nya panas padahal tuh cuma 5menit
    kira'' kenapa yow om?
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas ditimbulkan karena arus berlebih, kemungkinan ada yang hubung singkat di dalam kumparan, ganti kumparan trafonya om sekitaran 15 rb

      Delete
  69. Kipas angin gantung baling2 saya merk nasional berputarnya sdh tdk center lagi. Penyebabnya apa dan harus dibagaimanakan ya Mas. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bearing atau bushingnya mas, kemungkinan aus atau kurang pelumas. ganti bila perlu

      Delete
  70. Kipas angin du2k Maspion, lupa tipenya, habis tk ganti thermofusenya, koq mala mutarnya trbalik. smentara kabel kapasitor sda tk balik2, te2p aja gk mau balik
    kira2 apanya yg salah, mhn bantuannya
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu mas, sebelum penggantian thermo fuse apakah ada kabel yang terbalik, kapasitor tidak pengaruh.
      cara yang kedua adalah posisi atau arah kumparan dibalik dari depan ke belakang bisa juga as rotornya dibalik.

      Delete
  71. sebelumnya terima kasih dlu yah atas nice info di atas,saya mau tanya nih,knp kipas angin saya anginnya malah terbalik kebelakang yah?saya ada 2 yg bermasalah seperti itu...1 kipas angin diri dan 1 lagi kipas angin kecil yg di atas plafon/versi generik kipas murah mas...tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada gaya elektromagnetik yang terbalik mas, apakah sebelumnya pernah dibongkar atau tiba2 terbalik sendiri?

      Delete
  72. saya punya dua kipa angin 1 yg dir dan 1 lg yg di gantung di atas dan masalahya sama yaitu anginnya terbalik kebelakang kira2 apa masalahnya...mohon pencerahannya???terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  73. gan kipas angin ane anginnya ke napa kebelakang ada yg salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu terbalik medan magnetnya mas, kalo memang g pernah ngerubah kabel lilitan, berarti posisi as yang muter di dalam terbalik, saran saya silahkan asnya dibalik.

      Delete
  74. mas..saya mau tanya...kipas saya range pengganjal yang ada di as rotor hilang...kira2 harganya berapa ya mas..harga range nya...?

    ReplyDelete
  75. sya cari thermofuse kok g ketemu padhl udh cb cri smpe 3 kipas,,apa kipas da g tidk pake thermofuse?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar kipasnya anda tidak ada thermofusenya. saya juga pernah mengalaminya

      Delete
  76. Saya mau nanya nih mas
    Kipas angin cosmos saya matot tidak ada respon sama sekali
    Kapasitor sudah saya ganti
    Dan untuk fuse saya bingung untuk menggantinya karna fusenya di iket disebelah lilita, nah tolong jelaskan bagaimana cara menngati jika posisi fusenya diiket dengan lilitan/jelaskan cara menjumpernya?
    Tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tali pengikat coilnya dipotong dulu mas, jika punya penggantinya potong juga kaki thermo fusenya kemudian soderkan ke fuse yang baru. namun jika tidak punya, solder langsung kaki thermofuse (dihubung singkat)

      Delete
  77. Saya mau nanya nih mas
    Kipas angin cosmos saya matot tidak ada respon sama sekali
    Kapasitor sudah saya ganti
    Dan untuk fuse saya bingung untuk menggantinya karna fusenya di iket disebelah lilita, nah tolong jelaskan bagaimana cara menngati jika posisi fusenya diiket dengan lilitan/jelaskan cara menjumpernya?
    Tks sebelumnya

    ReplyDelete
  78. Mas tanya kipas saya miyako pke remot.kipasnya nyala trus
    Diremot sama ditombol langgsung tidak mau mati.kira-kira apanya.mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan rangkaian remot kontrol sampeyan ada yang bermasalah, sehingga relay atau transistor di dalam tidak bisa mematikan kipas, cek dulu secara fisik, kemudian tes dengan avometer

      Delete
  79. mas, mo tnya kmrn minggu kan kipas angin sy bersihin trs skalian sy bersihin jg bagian dalmnya (t4 ada dinamo) tp pas sy pasang kembali+dibaut kenceng ga bisa tp klo dibaut kendor dia bisa..akhirnya sy baut kendor aja cm pas paginya langsung ga bisa muter sama sekali+ga da dengungnya jg, knapa yach masalahnya??trs sy cb bawa ke tukang service ktnya dinamonya koslet, mnrt mas benar kga??masalhnya dia suruh gulung dinamo+biayanya 250rb, tu sama ja mo bli baru...mohon solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi mas.
      pada saat dibongkar dan d pasang lgi mugkin belum center asnya. Jd g bisa muter. Pada saat paginya g bisa muter itu ada bebetapa penyebab. Lihat dulu apakah kumparannya terbakar. Kalo g berarti sekering suhunya yabg rusak karena kepanasan

      Delete
    2. Biasanya abis dipasang lg itu as nya g center. Pengendoran menyebabkan terjadi banyak hilangnya enerigi maghnet makanya kumparan panas. Bila lilitannya tidak terbakar maka sekring suhunya aja yang putus.
      kalo lilit ulang menabg mahal mendingan belikan lilitan jadi di toko harganya 50-60 rb.

      Delete
  80. mas, knp y skrg kipas anginnya sy jadi matot??/awalnya sy cm bersihin bagian dlmnya (yg ada dinamonya) trs sy pasang lagi bautnya tp kl kenceng bautnya ko ga bisa muter, trs klo dikendorin muter akhirnya sy kendorin bautnya cuma knp pas paginya tu kipas kga bisa muter sama skali+ga da dengungnya, sy cb bawa ketukang service katanya harus gulung dinamo karena koslet harganya 250rb, kira2 bnar ga??ato da solusi lain/??coz daripada segitu mending sy beli baru...mohon solusinya...mksih

    ReplyDelete
  81. konsul mas, kipas saya tidak mau nyala cuma dengung kira2 apanya? apa as nya gk center? trus cara biar center gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu asnya mas, bersihkan bushing dan as nya terlebih dahulu. Kalo perlu bushingnya diganti dengan yang baru. Kedua, liat lilitannya apakah berbau hangus dan keliatan lebih hitam. Kalo hitam berarti ada yg terbakar. Ketiga pastikan kapasitornya dulu dengab multitestes atau tea tegangan. Semoga membantu..!

      Delete
    2. cek dulu asnya mas, bersihkan bushing dan as nya terlebih dahulu. Kalo perlu bushingnya diganti dengan yang baru. Kedua, liat lilitannya apakah berbau hangus dan keliatan lebih hitam. Kalo hitam berarti ada yg terbakar. Ketiga pastikan kapasitornya dulu dengab multitestes atau tea tegangan. Semoga membantu..!

      Delete
  82. asnya dah sya cek mas, dah mau muter tpi hrus diputer dulu pake tangan klo dikasih baling2nya jdi berhenti,apa kapasitornya minta gnti mas?

    ReplyDelete
  83. Kalo dibantu tangan bisa kemungkinan kapasitor atau lilitannya lemah mas.
    Untuk memastikan kapasitor masih bagus, caranya lepas kabel kapasitor (2 kabel) kemudian colokkan ke stop kontak bertegangan 220 selama 2 detik. Kemudian lepas dan hubungkan ujung kabel kapasitor (di hubungsingkatkan) kalo percikannya besar berarti kapasitor masih bagus.

    Hati2 mohon tidak dilakukan oleh orang yang belum ahli. Pekerjaan ini berisiko tersengat listrik.

    ReplyDelete
  84. ada pengaruh gk klo ukuran kapasitor 1,2mf dganti 2mf??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas. Fungsi kapasitor adalah mengatur sudut fasa antara lilitan utama dengan lilitan bantu (starter). Jika terlalu besar perbedaan kapasitor maka besar pula beda fasa yang dihasilkan. Efeknya kipas lebih kencang dan lebih panas. Saran saya jangan terlalu besar perbedaan nilai kapasitornya.

      Delete
    2. Konsul mas
      Saya punya 2 kipas angin baling baling merk kyzuku baru i pakai 2 hari kabelnya mlinter setelah saya buka ada pernya patah' apakah ini penyebabnya atau hal lain? kipas yang satunya berisik ' bagaimana cara memperbaikinya? terima kasih ^_^

      Delete
    3. Untuk yang mlunter bisa jadi peer tadi yang patah. Kalo udentik coba diasamakan dengan kipas yang satunya. Intinya pada saat kipas muter, kabel tidak ikut muter karena ada penahan.
      Untuk kipas berisik, cek bearing/laker nya apakah kurang pelumas atau sudah aus. Ganti bearing baru kalo perlu. Semiga membantu mas.

      Delete
    4. jawaban anda sangat membantu.Tapi dimana saya bisa menapatkan per/bearing sebagai pengganti.Apakah ada toko yg menjual alat alat /komponen/spare parts kipas angin atap merk kyzuku" Minta saran mas' kipas atap merk apa yang kwalitasnya bagus ?

      Delete
    5. Kalo peer n bearing ada di toko alat2 listrik atau di tempat reparasi biasanya juga menyediakan. Untuk merk relatif namun harga tidak bohong. Kalo saya pake maspion n panasonic alhamdulillah masih baik2 saja.

      Delete
  85. Slamat malam mas...
    tolong infonya ya...

    ane kbetulan punya 2 Kipas Merk Cosmos(Rusak/Matot) dan merk Maspion(Bosh as oblak).
    lalu ane coba tuk perbaiki yg Maspion dgn memasang/mengganti kepala dudukan Bosh dgn kpunyaan kipas Cosmos. dgn asumsi bosh yg di kipas Cosmos masih bagus.
    Namun stelah beres smua terpasang tp msih tanpa baling2, knapa arah putaran As berputar berlawanan dgn arah jam/memutar ke kiri??
    mohon pencerahannya ya mas..Thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam juga mas.
      Kalo menurut cerita mas, kemungkina. Besar salah posisi rotor maupun lilitan. Coba dibalik posisi kumparan mas atau posisi rotor. Insyaallah putaran ikut berbalik.

      Delete
  86. Mas aku mau nanya, aku ada exhaust fan panasonic tmpt dan baling baling udah terbakar tinggal mesinnya aja.aku pengen jadiin kipas angin mas , pertanyaan aku gimana cara si mesin ini muternya kedepan biar bisa dijadiin kipas angin mas.terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas mas. Dengan cara membalik posisi as ATAU membalik posisi lilitan. Yang depan jadi belakang atau sebagainya.

      Delete
    2. Maaf baru balas mas. Dengan cara membalik posisi as ATAU membalik posisi lilitan. Yang depan jadi belakang atau sebagainya.

      Delete
  87. mas mo nanya saya ada kipas miyako remot... tapi rusak mati gk hidup, apa yg salah ya mas.. klo saya mau ganti ke saklar or manual gimana caranya??? !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicek kumparan n kapasitor dlu mas. Kalo ada dengung berarti elektroniknya bagus. Tinggal kita cari permslahan di kumparan.
      mengenai cara gantinya adalah dengan mencari kabek mana yg akan dignakan untuk kecepatan. Sehingga kabel yg d ambil sbanyak 4 kabel.

      Delete
  88. Exausfan udh sya gnti kapasitornya tp msh dengung gmn ya? Trus ada lilitan 1 hlai putus ngaruh g tuh gan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya gara2 likitan putus. Sambung dulu mas, caranya bakar ujungnya dengan korek, kerik pake cutter sampe tembaganya kliatan. Solder kedua ujungnya n kasih isolasi kertas. Kemudian coba dinyalak. Pastikan tdk ada yg putus.kalo bisa pake avometer

      Delete
  89. Gan, kipasq miyako yg beremot, masih mutar tp gak bisa bergerak kanan kiri, tu rusak apanya ya? Mohon bntuany gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan yg rusak adalah motor swing kanan kiri. Untuk memastikan ukur resistansi dr motor tsb. Jika motor dalam keadaan bagus cek rangkaian kontrollernya kemungkinan ada komponen yg rusak.

      Delete
  90. Mas kipas angin q merek sekai yang type berdiri....waktu q mau pindahkan masih dalam keadaan menyala ada suara ledakan dari bagian belakang kipas lalu tidak nyala sama sekali , waktu q coba lagi nyalakan menyambungkan kabelnya ke stop kontak ada suara ledakan dari stop kontaknya ketika bersinggungan dengan colokan kabelnya lalu listrik semua langsung mati dan itu sudah 2 kali terjadi waktu q coba lagi. Apanya yang rusak ya mas? Tolong dibantu

    ReplyDelete
  91. Kipas saya on/off nya masih nyala. Tp kipasnya g mau muter. Sy cek kapasitor n thermofusenya msh ok. Kira kira apanya ya ... mohon bantuannya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperhatikan dg seksama dlu. Colokkan kabel tegangan ke sumber listrik. Tekan angka 1 sampe akhir. Denganrkan di dekat lilitan apakah ada dengung? Jika ada berarti aliran listri normal. Jija kapasitor dlm keadaan bagus cek as dan bushing bagus apa tidak. Beli sedikit pelumas.

      Delete
  92. Kipas saya on off nya masih menyala tp kipasnya g mau muter. Sy cek kapasitor n thermofuse msh ok. Kira kira apanya ya gan. Mohon bantuannya 😁

    ReplyDelete
  93. Minta tolong bro ane bru beli lilitan kipas angin tp ane sala pasang kabel trus langsung putarannya pelan bgt mengatasinya gmana bro tolong bantuannya brow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipaskan dulu mas kabelnya sesuai dengan warna. Kalo bisa ukur dengan ohm meter masing2 kabel dengan kabel common. indikasinya sperti salah warba kabel.

      Delete
  94. mas mansur...tolong donk kipas angin q merek sekai, tiap kali q colokin ke stop kontaknya listrik tau tau mati dan dari stop kontak keluar percikkan api, dan itu sudah 2 x terjadi, dari bagian belakang kipas angin ada bau gosong dan kipas angin tidak mau nyala kembali, kira kira apanya yang rusak ya mas? dan bagaimana cara memperbaikinya?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak anieta:
      Kemungkinan terbesar kerusakan adalah terjadinya hubung singkat antar lilitan dikarenakan ada akumulasi panas berlebih. Cara memastikna pertama dengan visual, cek lilitan apakah ada yang gosong. Kedua menggunakan ohm meter, ukur resistansi seluruh lilitan/kabel pastikan bagus penunjukanya. Jika lilitan terbukti rusak ganti langsung.

      Delete
  95. Ijin tanya gan. Kipas angin sy merek maspion dg tipe wall fan. Awal mulanya kipas angin sy berputar tak sekencang dan sedingin sebelumnya. Lama klmaan kalo abis dimatiin pasti hidupnya lg lama bgt, pelan dulu, berdengung baru dah muter. Tp sekarang parah, kipasnya gak mau berputar sm sekali dan masih tetep getar dan berdengung. Kira2 apa y permasalahan ny? Apa ada masalah di bearing ny? Mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan pertama adalah bearing aus karena sdh lama beroperasi. Kasih minyak pelumas spt minyak singer terus puter dengan tangan sampe lancar.
      Yang kedua bearing sudah tidah center lagi. Ganti dengan yang baru.
      Yang ketiga: ada permasalahan di kapasitor atau lilitan. Silahkan coba satu2.

      Delete
  96. gan mau nax....knp kipang angin dinding sy,,,,kabelx ikut berputar???,,,shingga mnyebabkn kbelx putus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel yang di dalem kipas?
      kemungkinan ada kegagalan mekanika di dalam sehingga pada waktu kipas putar kanan kiri kabelnya tersangkut gerbox. Seharusx kabel ada pengaitx dan ditahan di dkat spul

      Delete
  97. gan knp kipas angin dinding sy,,,,kabelx ikut berptar???
    sehngga mnyebabkn kbelx mudah putus....

    ReplyDelete
  98. kipas bisa mutar tapi kok kebalik ya putarannya, saat 1 berputar baik di perpindahan 2 juga baik tapi kenapa perpindahan yng ketiga kok kebalik ya putaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas ini sudah diperbaiki sebelumnya?
      kalau sudah berarti ada kemungkinan terbalik lilitan yang nomer 3

      Delete
  99. gan mau tnya saya pnya kipas angin merk maspion.ketika di pencet tombol on/of lampu indikator speed nyala.tapi kipasx g mau mutar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan dulu fuse untuk kipasnya yang ada di lilitan tidak putus, cara ceknya dengan avometer.
      kedua pastikan ada dengungan menandakan listrik sudah masuk. pastikan antara shaft dengan bushingnya tidak aus, beri sedikit pelumas. ke em[at pastikan kapasitornya bagus, kalo g bisa berarti ada masalah di lilitan.

      Delete
  100. thermal fuse untuk kipas angin sakai apa ya gan , karna hilang waktu bongkar, trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya jenis atau bentuk atau besaran ukuran temperaturex?

      Delete
  101. gan mau tanya... kipas angin saya merk maspion. putarannya lambat itu juga dibantu pake tangan dan cepat panas. dah ganti kapasitor tapi tetap tidak ada perubahan... knapa ya? trima ksih

    ReplyDelete
  102. Kalo as n bishingnya bgus brrarti ada mslh d lilitan. Cek resistansix

    ReplyDelete
  103. mo nanya gan... kipas angin sy merk maspion... putarannya lmbat (itu juga dibantu tangan dulu) dan cepat panas... sudah ganti kapasitor tapu tetap tidak ada perubahan...solusinya gmana y gan?

    ReplyDelete
  104. Mas ijin mau nanya Kipas Sya Kok Muternya Kebalik sih gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kipax model apa? Krmungkinan pada saat pemasangan kembali as nya terbalik. Coba dibalik as kipasnya.

      Delete
  105. mas kipas angin saya maspion F1624s tiba2 gak bisa muter sama sekali, aku lihat kumparannya ternyata ada bagian yg ikatan2 plastik pengikat kumparan yg aus (mungkin bagian thermostat) kira2 apa termostat putus atau konsendator aus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo g ada dengung pada saat dtombol thermostat putus. Kalo dengung tp berat coba lumasi asnya n ganti kapasitor bila perlu

      Delete
  106. kipas ngga muter tapi dengung terus saya ganti capsitornya tetep dengung, kipasnya saya puter" pake tangan ringan" saja kira" apa masalahnya y bro......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dinyalakan agak lama. Trus sambil diputer2 dlm posisi dengung. Jika tetep gmau muter. Silahkan semua resistansi lilitan. Kemungkinan spulnya udah lemah.

      Delete
  107. kipas ngga muter tapi dengung diputer pake tangan ringan sudah ganti capasitor tetep dengung apanya yg rusak y broo....

    ReplyDelete
  108. Gan. Kipas d rumahku muternya pelan pas baru d hidupkan 'lalu kapasitiornya kuganti .beberapahari kemudian kipasnya mati total.kucek fusenya bagus 'kapacitor baru ganti 'kabel gk d yg putus 'bearing dan besi asnyapun bagus'saklar123 bagus.jd ap y gan masalahnya .tolong bantuannya. .thanks sebelumnyas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas dicoba posisi yg terakhir masih ada dengung? Kayaknya masalah lilitannya lemah.

      Delete
  109. gan mau nanya saya punya kipas angin minyako ukuran sedang , masalah nya itu rotasinya putus2 mau gerak ke kanan pas mau balik kekiri dia berhenti terdengar suara krak krak krak , lalu di sentuh sebentar baru dia bisa lanjut itu masalahnya di kapasitor atau di gearbox ya mas >

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan gigi gearbox ada yang rontok mas. Ganti aja ada di toko sparepart elektro.

      Delete
  110. bro kalau kipas angin yang di tempel di dinding cuma bisa satu ara aja g mana benerinnya.

    ReplyDelete
  111. Kemungkinan ada masalah disisi mekanik gear setnya mas. Coba d liat apakah ada baut longgar atau gigi gear yang rontok. Selamat mencoba!

    ReplyDelete
  112. nice blog,,
    salam kenas mas bro,,
    aq mw nanya dunk rangkaian pemutar balik arah putaran kipas angin,
    yg normalnya searah putaran jarum jam trs mau aq bikin berlawanan putaran jarum jam. mohon bantuannya mas bro terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. membalik putaran ada beberapa macem mas, pertama dengan membalik shaft rotor terhadap lilitan stator, atau dengan membalik lilitan bantu/starter.

      Delete
  113. Bang Mansur, mau tanya bang.. saya habis ganti kapasitor kipas angin miyako, tapi ko kipasnya berputar terbalik arah jarum jam yaa? itu kendalanya apa ya bang? adakah komponen yang saya harus ganti lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas ganti kapasitor ngerubah wiring g? Kalo g berarti ngebongkar posisi lilitan dan rotor. Kalo iya berarti balik posisi lilitanya aja

      Delete
  114. Mas kalau mau beli sparepart baling2 kipas merek cosmos / sejenisnya yg cck utk uk cosmos16" bs beli dimana ya, ada refrensi ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana mbak? Biasanya di toko2 komponen elektro terdekat

      Delete
    2. gan ane mau nannya kipas ane bunyi cit cit terus kalo mau nyalain harus dIputer baling baling nya dlu terus kadang kadang berenti muter terus nyala lagi kenapa ya gan thanks

      Delete
  115. gan ane mau nannya kipas ane bunyi cit cit teruskalo mau ngidupin baling baling nya harus di puter terus kadang puteran nya berenti tapi nanti muter lagi kenapa gan ya

    ReplyDelete
  116. gan,, ane mau nanya, ane ada kipas angin gantug,, pas dihidupin, kabelnya mesti ikut muter, akhirnya terlilit dan putus, kalo gitu gmna yg kudu dilakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel kelilit sampe putus kalo cuma ujungx di kawat email g mslah, yg bahaya klo putus ditengah2 lilitan. Coba cek dengan avometer duli masing2 lilitan. Kalo g bsa mending bwa k tukang servis

      Delete

Silahkan Isi Komentar dan pertanyaan Anda dengan informasi dan pertanyaan yang jelas!! Komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin dan akan dipublikasikan dengan segera setelah admin menerima email notifikasi..!!